Home politik Eri Cahyadi Sudah Cukup Lama Mendaftar Bacalon Wali Kota Lewat Jalur DPP PDI Perjuangan

Eri Cahyadi Sudah Cukup Lama Mendaftar Bacalon Wali Kota Lewat Jalur DPP PDI Perjuangan

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS — Ternyata Eri Cahyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya, telah cukup lama mendaftarkan sebagai Bakal Calon Wali Kota Surabaya. Pendaftaran itu dilakukan langsung ke DPP PDI Perjuangan.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi menyatakan, Eri Cahyadi sudah mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Surabaya melalui jalur DPP.  Bahkan Eri Cahyadi sudah mendaftar sejak lama. “Eri mendaftar lewat DPP. Sudah mendaftar lewat DPP sana,” jelas Kusnadi dikutip RMOL, Selasa (11/8).

Menurut Kusnadi, kendati Eri Cahyadi masih berstatus sebagai ASN. Serta belum pernah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala Bappeko Surabaya. Namun bagi Kusnadi hal tersebut bukan menjadi persoalan sebab mencalonkan diri sebagai kepala daerah adalah hak semua orang.

“Selama tidak dicabut haknya oleh hukum kan tidak masalah. Mau ASN atau bukan ASN,” katanya.

Ia menambahkan, secara mekanisme partai, rekomendasi akan turun apabila sudah mendaftar. Adapun beberapa mekanisme mendaftar melalui PAC, DPC, DPD, maupun DPP.

“Bedanya apa? Kalau di DPC dan DPD ada batasan waktu. Sedangkan DPP tidak ada rentang waktu pendaftaran. Pokoknya rekomendasi belum turun bisa mendaftar di DPP,” terangnya.

Kusnadi memastikan rekomendasi 5 paslon kabupaten/kota Jawa Timur diantaranya, Surabaya, Sidoarjo, Pacitan, Jember Situbondo tahap keempat turun pada 19 Agustus 2020.

“Rekom tahap empat segera turun pekan depan,” paparnya.

Sementara Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Pemenangan Pemilu Deni Wicaksono mengatakan, bahwa dari 19 nama bacawali dan bacawawali yang yang sudah masuk di DPP mengerucut menjadi tiga nama yang maju di Pilkada Surabaya.

“Dimungkinkan mengerucut pada tiga nama. Yaitu nama-nama yang sudah beredar Kota Surabaya, yaitu Wisnu Sakti Buana, Armuji dan Eri Cahyadi,” lanjut Deni.

“Saya rasa tiga nama itu sudah mengerucut. Tapi perlu diingat, bahwa ketua umum memiliki hak prerogatif untuk menentukan calon yang akan diusung,” tambahnya.

Deni Wicaksono menegaskan, untuk rekomendasi 5 paslon tahap ke empat dari DPP PDIP akan diturunkan pekan depan. ”rekom 5 paslon tahap ke empat segera turun diantara tanggal 17 hingga 19 Agustus mendatang,” ujarnya.

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More