Home Peristiwa Marcelino, Sang Pejuang Lingkungan Cilik Surabaya

Marcelino, Sang Pejuang Lingkungan Cilik Surabaya

by Fatur Rohman
0 comment

SURABAYA I MATAHATI.NEWS – Satu lagi, munculnya anak bangsa yang berkiprah positif dan berguna bagi masyarakat. Betapa tidak, apa yang dilakukan Marcelino akan bisa jadi inspirasi anak-anak Indonesia agar turut peduli terhadap lingkungan disekitarnya.

Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid 19, Gregorius Marcelino Krustian, siswa kelas 4 SDN Kaliasin I Surabaya ini tetap beraktifitas dengan melakukan edukasi kepada warga khususnya para ibu-ibu PKK.

Baru-baru ini, Marcel (nama sapaannya), bersama tiga temannya membantu dalam memanfaatkan lahan terbatas itu untuk selalu asri dengan program penghijauan. Marcel mengedukasi ibu-ibu PKK di tiga RT kampung Jetis Kulon (RT15, RT17 dan RT 20) RW 04 Surabaya, tentang bagaimana cara merawat tanaman yang baik, yakni dengan cara pembuatan lubang biopori dan cara membuat pot katakura.

Tidak hanya sekali, Kedatangan Marcel bersama teman-temannya sudah ketiga kalinya di kampung Jetis Kulon, Surabaya. Tujuannya, untuk mengecek perkembangan tanaman produktif yang telah dia bagikan kepada warga kampung itu.

Didampingi pengurus kampung itu, Marcel mendatangi satu per satu rumah yang sebelumnya mendapatkan bantuan tanaman produktif. Marcel terlihat senang dan puas, ketika, tanaman pepaya jepang, tomat dan lombok yang dia berikan ternyata tumbuh subur.

 “Sebagian besar tanaman yang saya berikan sudah dipindah tanam di media yang lebih besar. Saya senang melihat tanaman-tanaman ini terlihat lebih subur,” terang Marcel.

Aksi pemindahan tanaman ke media tanam yang lebih besar juga dilakukan oleh Marcel ketika mendapati tanaman pemberiannya belum dipindah. Polibag besar yang dia siapkan dari rumah langsung dia gunakan untuk memindah tanaman yang belum dipindah tanam oleh warga. Setelah pemantauan semua tanamannya, sebagian besar tumbuh subur lantaran diberi pupuk kompos atau organik.

Untuk keamanan selama pandemi COVID-19 itu, dia dan timnya juga nampak mengenakan masker dan pelindung wajah.

Ibu-ibu PKK menyambut baik aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh Marcelino bersama ketiga rekannya itu. Bahkan diantanya berharap kegiatan semacam ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak seusia Marcel agar mengikuti jejaknya, peduli terhadap lingkungan sekitarnya. (fatur)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More