Home HUKUM Nyabu di Tempat Kost, Sayuti Dihukum 30 Bulan Penjara

Nyabu di Tempat Kost, Sayuti Dihukum 30 Bulan Penjara

by Ali
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Sidang lanjutan perkara narkotika jenis sabu, dengan terdakwa Sayuti binti Dugel dengan barang bukti sabu yang telah dibakar beserta pipetnya seberat 1,01 gram, digelar di ruang Candra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, secara online, Senin ( 20/7/2020).

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rini NT, SH, dari Kejari Surabaya.Menyatakan terdakwa Sayuti bin Dugel bersalah melakukan tindak pidana “menyalahgunakan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri” sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,
Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 3 tahun.

Setelah mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), Majelis hakim memberikan kesempatan terdakwa untuk mengajukan pembelaan secara tertulis atau secara lisan.

“Anda dituntut oleh Bu jaksa dengan hukuman 3 tahun penjara, apakah akan memberikan pembelaan secara tertulis atau secara lisan.” Tanya hakim.

“Saya mengajukan secara lisan aja pak hakim, saya memohon keringanan hukuman yang mulia, saya berjanji tidak mengulangi lagi, saya sebagai tulang punggung keluarga yang mulia,” ucap Sayuti

Dalam putusan majelis hakim yang memimpin persidangan, memberikan hukuman dalam putusannya 2 tahun dan 6 bulan, dikurangi selama terdakwa didalam tahanan.
Terdakwa menyatakan menerima putusan hakim demikian pula dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Diketahui, bahwa terdakwa Sayuti Binti Dugel pada hari Kamis tanggal 09 Januari 2020 sekira pukul 23.45 WIB, Bertempat di Jl. Putat Jaya C Timur 3 / 15 Surabaya.

Pada hari Senin tanggal 06 Januari 2020 sekira pukul 18.30 WIB terdakwa menemui LIA (DPO) di kamar kos lantai 2 Jl. Putat Jaya C Timur 3 / 15 Surabaya untuk memesan sabu dengan harga Rp. 100.000,-

Selanjutnya terdakwa memakai sabu tersebut di dalam kamarnya,dengan maksud menambah stamina tubuh.Terdakwa mengaku menggunakan sabu sejak November 2019.

Saksi Heru Subagio dan saksi Dendik Wahyudi anggota Reskrim Polsek Sawahan Surabaya setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

Melakukan penangkapan terhadap terdakwa, dan dilakukan penggeledahan didalam kamar kos ditemukan1buah dompet wama biru yang didalamnya berisi 1buah pipet kaca terdapat sisa cairan kristal warna putih yang telah dibakar (sabu) dengan berat 1,01 gram beserta pipetnya.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.
Atau Kedua :
Diancam pidana dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.(li)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More