Home Pendidikan Wakil DPRD Jatim Sebut Dunia Pendidikan Harus Menanamkan Rasa Cinta Pancasila

Wakil DPRD Jatim Sebut Dunia Pendidikan Harus Menanamkan Rasa Cinta Pancasila

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Dalam antisipasi tumbuhnya ideologi komunis dalam kemasan baru, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, ia memiliki rencana supaya genarasi millenial saat ini harus ditanamkan ideologi Pancasila sejak dalam dunia pendidikan.

Wakil ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad mengatakan, dalam menyikapi demonstrasi dari kelompok Gerakan Umat Islam Tolak Komunis (GAMIS), ia akan mengusulkan kepada Gubernur Jawa Timur dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, supaya dunia pendidikan menanamkan kepada murid untuk memiliki rasa cinta kepada Pancasila sebagai ideologi negara.

“Kita sebagai anggota masyarakat, seperti yang kita lakukan dulu di masa kecil. Sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menegah atas itu dipasang kembali burung garuda, yang selama ini sudah tidak menjadi prioritas,” kata Anwar dihadapan awakmedia, Selasa (7/7/2020).

Dengan cara tersebut, kata Anwar, hal itu merupakan salah satu cara supaya generasi millenial, tidak memaknai lambang Burung Garuda sebagai lambang belaka. Akan tetapi, memiliki makna yang mendalam sebagai dasar negara. Sehingga, nilai-nilai Pancasila itu tetap abadi di dunia pendidikan.

“jadi yang lambang Burung Garuda, Pancasila, stiker atau poster P4 (Penghayatan, Pedoman, Pengamalan Pancasila) di sekolah itu salah satu cara agar Pancasila tidak semakin hilang,” imbuhnya.

Maka dari itu, ia akan meminta kepada Gubernur Jawa Timur dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, supaya dunia pendidikan menanamkan rasa cinta terhadap Pancasila. Melalui hal itu, juga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada negara Indonesia.

“Terutama di kalangan millenial. Saya sepakat dengan pimpinan lain, dengan pak Iskandar saya akan minta kepada Gubernur, kepada Kepala Dinas Pendidikan ya, agar di instruksikan kembali itu.” Tambahnya.

Terkait kurikulum, Anwar tidak berkomentar terlalu banyak. Sebab, Pancasila merupakan pondasi dasar yang harus ditanamkan kepada pelajar supaya cinta terhadap negara. Ia mengatakan, dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam dunia pendidikan itu tidaklah sulit.

“Kalo soal kurikulum kita akan sampaikan ya, kalo soal lambang Burung Garuda, Pancasila, P4 saya kira itu tidak sulit,” pungkasnya. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More