Home Pendidikan Calon Peserta UTBK Unair Diwajibkan Hasil Rapid Tes Non Reaktif

Calon Peserta UTBK Unair Diwajibkan Hasil Rapid Tes Non Reaktif

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Universitas Negeri Airlangga (Unair) Surabaya mewajibkan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menunjukkan hasil rapid tes non-reaktif. Hal itu dilakukan, merujuk pada Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya yang mengharuskan peserta UTBK menunjukkan hasil rapid maupun swab tes dengan hasil negatif selambat-lambatnya 14 hari sebelum mengikuti UTBK.

Ketua Pusat UTBK UTBK Unair, Junaidi Khotib membenarkan hal itu, jika aturan itu diikuti berdasarkan arahan langsung dari Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini melalui SE. Sebab, dilain hal, dikarenakan angka sebaran Covid-19 di Surabaya juga belum menunjukkan penurunan.

“Pusat UTBK Unair (bersama seluruh Pusat UTBK di Surabaya) akan mengikuti rekomendasi Walikota Surabaya. Pada Butir kedua itu Hasil Rapid Test non reaktif atau hasil swab PCR negatif. Jadi salah satu saja tidak harus keduanya, minimum rapid test,” kata Junaidi, Jumat (3/7/2020).

Junaidi mengatakan, dalam penerapan aturan tersebut tidak ada pengecualian, peserta UTBK dari luar daerah juga diwajibkan menunjukkan hal yang sama yakni, hasil rapid atau swab tes harus negatif.

“Semua peserta ujian UTBK termasuk yang berasal dari luar Surabaya,” ungkapnya.

Jika ditemukan calon peserta UTBK menunjukkan reaktif hasil rapid tesnya, kata Junaidi, pihak yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti tes pada 5 Juli 2020 mendatang dan dihatuskan mengikuti gelombang kedua. Meski pemberitahuan kebijakan tersebut mendadak, pihaknya tetap melakukan UTBK pada 5 Juli mendatang.

“Tetap kita berjalan sesuai jadwal tanggal 5 Juli mendatang. Siang ini kita juga akan publish di sosial media, Unair News juga meminta bantuan beberapa media agar peserta juga membaca. Selain itu, info ini akan dikirim ke email peserta masing-masing,” tutupnya. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More