Home Surabaya Tes Massal Sudah Dilakukan Kepada 92.964 Warga

Tes Massal Sudah Dilakukan Kepada 92.964 Warga

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Rapid dan swab tes massal akan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kepada masyarakat, hal ini dilakukan untuk mengelompokkan orang yang positif Covid-19 maupun yang negatif. Melalui cara itu, pihaknya dapat menentukan strategi meski angka positif terlihat naik.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita atau Feny mengatakan, meski bantuan mobil PCR dari Badan Intelijen dan BNPB telah selesai. Pemkot Surabaya terus melakukan tes massal secara massif kepada masyarakat.

“Jadi, rapid tes dan tes swab massal itu terus kami lanjutkan. Hingga kemarin, 25 Juni 2020, total rapid tes yang sudah dilakukan oleh Pemkot dengan beberapa pihak sebanyak 92.964 orang, dimana angka positif rate-nya 9,83 persen,” kata Feny, Sabtu (27/6/2020).

Dari data tersebut total 92.964, ditemukan yang reaktif sejumlah 9.134 orang kemudian dilakukan swab tes. Berdasarkan data swab hingga tanggal 25 Juni 2020, tercatat 25.659 orang yang menjalani swab tes.

“Hasilnya, ada sekitar 7.564 orang positif, memang ada yang asli Surabaya dan ada pula yang luar Surabaya,” katanya.

Feny memastikan, pihaknya akan memaksimalkan lab PCR yang ada di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, untuk memeriksa sampel swab. Iya menyebut, jika alat yang bantuan yang berasal dari BIN itu dapat memeriksa 300-400 sampel tes swab dalam sehari.

“Ini mungkin  sudah berjalan sekitar dua mingguan, jadi ya sudah lumayan banyak mereka hasilnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menambahkan, jika tes massal yang dilakukan oleh pihaknya itu sangat penting. Sebab, melalui tes massal itu, pihaknya bisa melakukan pendeteksian secara dini.

“Tes massal ini penting untuk melacak orang-orang yang terkena Covid-19, sehingga akan lebih gampang memutus mata rantai penyebarannya,” Risma memungkasi. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More