Home Pemerintahan Pembangunan Jembatan Joyoboyo Ditarget Rampung Akhir Tahun

Pembangunan Jembatan Joyoboyo Ditarget Rampung Akhir Tahun

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Pembangunan Jembatan Joyoboyo saat ini  mencapai 35 persen. Proses pengerjaan tetap dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19. Jembatan yang berada di sisi selatan Terminal Joyoboyo tersebut, ditarget rampung pada Desember 2020.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati mengatakan, jika pengerjaan tetap dilakukan kendati ditengah pandemi. Sebab, peralatan dan bahan yang dipesan secara impor sudah dikirim. Pada Agustus mendatang dirinya menarget, jika pembangunan sudah mencapai sisi atas jembatan.

“Nanti jadwalnya pada Bulan Agustus sudah sampai pada pekerjaan yang di atas, seperti pemasangan voided slab pada lantainya,” kata Erna di kantornya, Selasa (23/6/2020).

Erna menjelaskan, saat ini bagian kepala jembatan yang berada di bagian ujung jembatan sudah terpasang.

“Spun pile atau tiang pancang betonnya sudah terpasang semuanya. Jadi, pembangunan fisiknya sudah sekitar 35 persen,” kata dia.

Jembatan yang akan menjadi ikon Kota Surabaya memliki panjang 150 meter, sedangkan lebarnya 17 meter dan tinggi pilarnya 20 meter, dengan kontrak yang sudah dilakukan pada tahun kemarin.

“Nilai kontraknya Rp 39 miliar dengan tanggal kontrak 15 Oktober 2019,” ujarnya.

Nantinya, di sekitar area jembatan terdapat taman dan air mancur warna-warni untuk mempercantik bangunan jembatan. Selain itu, akan ada tempat yang terletak di bagian tengah jembatan yang bisa digunakan masyarakat untuk menikmati suasana Kota Surabaya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menambahkan, desain jembatan itu tidak hanya sebagai jalan penghubung saja, jembatan itu nantinya akan menjadi wahana dan tempat reakreasi di Kota Surabaya.

“Jadi, ini bukan hanya sekadar jembatan, tapi juga bisa menjadi salah satu ikon Surabaya untuk berekreasi,” kata Risma.

Risma berharap, jika jembatan itu sudah rampung 100 persen dan dapat dipergunakan, jembatan tersebut mampu membawa manfaat bagi masyarakat khususnya warga Surabaya itu sendiri.

“Mudah-mudahan jembatan ini bisa memberikan manfaat untuk warga Kota Surabaya khususnya dan warga lain dari luar Surabaya yang memanfaatkan jembatan ini,” pungkasnya. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More