Home Khasanah Pemkot Surabaya Buat Inovasi, Ceramah Melalui Online

Pemkot Surabaya Buat Inovasi, Ceramah Melalui Online

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 28 tahun 2020 terkait bidang keagamaan, pihaknya membuat inovasi berupa ceramah melalui online di Masjid Al-Muhajirin yang berada di sekitar lingkungan Pemkot Surabaya.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M. Fikser menjelaskan, dalam teknis pembuatan ceramah online tersebut, pihaknya melibatkan staf Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya untuk pengambilan video. Setelah pengambilan video selasai, nantinya akan di unggah di channel youtube Sapawarga untuk dapat diakses oleh semua masyarakat.

“Jadi nanti kawan-kawan Kominfo akan mengambil videonya. Lalu akan diupload di Youtube Sapawarga. Sehingga semua warga dapat mengakses. Kapanpun dan dimana pun,” kata M Fikser di Balai Kota Surabaya, Selasa (16/6/2020).

Terkait pelaksanaan pengambilan video, kata Fikser, pihak telah berkomunikasi dengan takmir masjid supaya dibuatkan jadwal dan materi ceramah. Sehingga, staf Dinkonminfi dapat mengetahui jadwal tersebut, untuk keperluan mengabil video kemudian disebar melalui kanal sosial media youtube.

“Setelah diambil video kami olah kemudian langsung diunggah,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Diskominfo Kota Surabaya memaparka, jika ceramah melalui online tersebut merupakan upaya mengganti pertemuan yang dapat menyebabkan kerumunan. Sehingga, pemanfaatan teknologi merupakan suatu terobosan yang dipilih dalam menyiarkan ceramah. Ia juga berencana, ceramah online itu akan digelar rutin setiap hari.

“Karena ceramah adalah upaya dalam memenuhi kebutuhan siraman rohani. Jadi memang harus rutin dilakukan,” ungkapnya.

Terpisah, Imam Masjid Al-Muhajirin Surabaya, Aziz Muslum menambahkan, sebelum adanya pandemi Covid-19, di Masjid tersebut juga rutin melakukan kajian dan ceramah agama setiap hari. Akan tetapi, ceramah melalui online tersebut merupakan hal yang baru.

“Setiap Senin-Kamis berlangsung rutin setelah Dzuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB. Ceramah ini diasuh oleh para da’i dan kyai,” ujar Azis

Kata Aziz, ceramah online ini ia lakukan untuk memnuhi permintaan masyarakat di lingkungan Masjid Al-Muhajirin. Sebab, ia mengaku jika mendaptkan respon yang positif dari masyatakat sekitar atas ceramah mrlalui online tersebut.

“Respon masyarakat juga positif dan senang dengan adanya ceramah online, jadi insyallah akan terus kami lanjutkan,” pungkas dia (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More