Home Pendidikan Bantu Penuhi Kebutuhan RS Hadapi Covid-19, Ubaya Buat Portal Donasi

Bantu Penuhi Kebutuhan RS Hadapi Covid-19, Ubaya Buat Portal Donasi

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Dalam upaya membantu memenuhi kebutuhan Rumah Sakit (RS) di Surabaya untuk menangani Covid-19, Universitas Surabaya (Ubaya) membuat laman web Pantau Donasi Covid. Laman tersebut dapat di akses melalui http://pantaudonasicovid.ifubaya.id/

Ng Melissa Angga, S.T., M.M.Comp. selaku Dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Ubaya mengatakan, situs web itu hasil sinergi buatan mahasiswa, dosen dan tenaga pendidikan. Hadirnya situ tersebut juga dilatarbelakangi oleh kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis. Sehingga, dengan adanya situs tersebut para donatur dapat mengetahui RS yang kekurangan APD, supaya babtuan dari donatur tersebut tepat sasaran.

“Mengetahui hal tersebut, kami berpikir bagaimana membuat donasi tersalurkan dengan lebih efektif dan efisien. Akhirnya kami menyimpulkan bahwa pihak donatur perlu informasi yang jelas sehingga tahu kebutuhan riil yang diperlukan itu apa saja tanpa merepotkan pihak rumah sakit. Melalui informasi tersebut maka pihak donatur dapat melihat dan memilih ingin berdonasi apa dan di rumah sakit mana,” kata Melissa, Minggu (14/6/2020)

Portal Pantau Donasi Covid juga menampilkan informasi kebutuhan tenaga medis yang riil dan membantu donatur, pihak RS dan relawan saling terkoneksi dalam informasi terkait kebutuhan tenaga medis di RS, meski telah banyak para donatur dari berbagai pihak yang menyumbang APD untuk tenaga medis, informasi yang dihimpun pihaknya menyebutkan jika pembagian donasi APD tidak merata dan terkadang, bantuan yang diterima juga bukan kebutuhan RS.

Dhiani Tresna Absari, S.T., M.Kom. selaku Dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Ubaya menambahkan, laman web Portal Pantau Donasi Covid juga memerlukan kontribusi dari tim medis dan pihak RS, untuk mengisi kebutuhan yang diperlukan dalam web tersebut.

“Melalui sistem informasi yang dibuat, kami berharap terjadi pemerataan donasi dan mempermudah rumah sakit dalam sekali menginformasikan kebutuhannya ke pihak donatur. Donatur juga menjadi terbantu dan dapat menyalurkan donasinya secara langsung ke rumah sakit yang dituju,” sambungnya.

Untuk saat ini, sudah ada beberapa relawan yang tergabung untuk membantu melengkapi data dari pihak RS, relawan tersebut merupakan beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Ubaya sendiri. Dengan adanya relawan tersebut, kata Dhiani, dapat mempermudah jalannya informasi serta komunikasi kebutuhan RS ke donatur.

“Kami berharap sistem informasi tidak hanya membantu rumah sakit di Surabaya saja, tetapi nantinya bisa menjangkau rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia bahkan Puskesmas atau warga,” Dhiani memungkasi. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More