Home Pendidikan Kabid Sekolah Menengah, Imbau Orang Tua Agar Pertimbangkan Potensi Anak Saat Pilih Jalur PPDB

Kabid Sekolah Menengah, Imbau Orang Tua Agar Pertimbangkan Potensi Anak Saat Pilih Jalur PPDB

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk tahun ajaran 2020-2021, Surabaya, resmi dibuka melalui online sejak Selasa (26/5) kemarin.

Dalam PPDB SMP ini, kata Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Sudarminto mengatakan ada empat jalur yang telah disiapkan yakni jalur zonasi, jalur mitra warga, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas. Ia juga menambahkan, untuk jalur prestasi akademik, ditentukan oleh nilai rapor lima semester terakhir saat berada di jenjang Sekolah Dasar (SD)

“Untuk prestasi non-akademik ini kan bisa dilihat dari keikutsertaan lomba. Misal siswa juara tingkat regional, nasional, internasional semua ada nilainya sendiri. Kalau untuk prestasi akademik kita lihat dari nilai rapor semester 1-5 untuk SMP, dan lima semester terakhir untuk SD,” jelas Sudarminto, saat di hubungi awak media, Minggu (31/5/2020)

Selain itu, Sudarminto juga mengimbau kepada seluruh wali murid, agar memperhatikan potensi putra-putrinya ketika memilih jalur prestasi akademik maupun non-akademik.

“Tolong potensi yang ada pada anak itu dijadikan pertimbangan untuk memilih jalur-jalurnya. Terutama untuk jalur prestasi,” imbaunya.

Ketika disinggung pertanyaan mengenai jalur prestasi apakah dipengaruhi oleh jarak rumah, Sudarminto menjelaskan, jika jalur prestasi tersebut bisa lintas zonasi.

“Kalo jalur prestasi tidak ditentukan oleh jarak rumah. Bisa lintas zonasi. Kan skornya ditentukan dari nilai rapor dan prestasi anak. Oleh sebab itu, saat validasi data dan pendaftaran orang tua dan peserta didik harap mengisi dengan cermat dan tidak terburu-buru. Karena kesempatan untuk mengikuti PPDB ini sangat luas,” pungkasnya. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More