Home Pendidikan Tiga Mahasiswa PENS Ciptakan Inovasi Alat Cek Suhu Tubuh Dilengkapi Face Shield

Tiga Mahasiswa PENS Ciptakan Inovasi Alat Cek Suhu Tubuh Dilengkapi Face Shield

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Tiga mahasiswa jurusan Elektronika dari Piliteknik Elektroka Negeri Surabaya (PENS) ciptakan alat inovasi berupa alat pelindung wajah yang dilengkapi dengan detektor suhu tubuh.

Muhammad Iqbal Millyniawan Pradana, Firmansyah Putra Maulana, dan Muhammad Iodine Hanifan Firdaus, alat tersebut tercipta dikarenakan menurut mereka, alat pengukur suhu badan (thermo gun) yang beredar masih kurang aman dikarenakan orang yang mengukur harus berdekatan.

Muhammad Iqbal selaku ketua tim menjelaskan, dengan adanya protokol kesehatan untuk orang yang akan memasuki suatu tempat, alat inovasi pelindung wajah yang dilengkapi pendeteksi suhu badan buatannya dapat meminimalisir paparan covid-19.

“Karena saat pengukuran suhu cukup lama dan alat harus didekatkan dengan orang yang diukur suhunya. Sehingga perlindungan keselamatannya sangat minim,” ujar Iqbal, Sabtu (30/5/2020).

Berangkat dari latarbelakang tersebut, iqbal dan rekan timnya menciptakan Temperature Detector Shield. Dalam inovasi itu, ia mengkombinasikan face shield dengan thermal laser. Tak hanya itu saja, dalam alat tersebut juga dilengkapi dengan sensor GY-906 MLX90614 serta lensa agar dapat mendeteksi suhu tubuh sesorang dengan akurasi yang cukup baik tanpa bersentuhan fisik dengan objek yang diukur.

“Untuk pengolahan data sensor menggunakan Mikroprosesor Arduino Pro Mini yang kemudian tampilan outputnya akan muncul pada layar LCD OLED yang berada didepan. Sehingga sensor ini memiliki tingkat akurasi sebesar kurang lebih 0.5 oC pada jarak maksimal satu meter jika menggunakan lensa, yang sangat sesuai dengan anjuran WHO yaitu jarak aman sejauh 1 meter, jelas Iqbal.

Alat inivasi tersebut juga dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 350mAh jenis lithium polymer (LiPo), baterai disebut dipilih karena memiliki ukuran yang kecil namun memiliki daya yang besar. Iqbal juga mengimbau, bagi petugas yang mengecek suhu badan harus cepat, guna menghindati antrean yang dapat menyebabkan kerumunan.

“Dalam pengecekan, petugas harus melakukannya dengan cepat. Jika tidak, akan terjadi antrian dan justru menambah risiko penularan. Maka dari itu, alat kami sangat aman dan cepat karena ada pada face shield-nya langsung,” pungkasnya.

Dengan adanya alat inovasi itu, dirinya berharap dapat sedikit membantu tugas Pemerintah dalam perang melawan pandemi Covid-19. (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More