Home Jawa Timur Pemprov Jatim Kirim Mobile PCR ke Lamongan dan Tulungagung, Pemkot Sesalkan Keputusan Pemprov

Pemprov Jatim Kirim Mobile PCR ke Lamongan dan Tulungagung, Pemkot Sesalkan Keputusan Pemprov

by admin
0 comment

SURABAYA | MATAHATI.NEWS – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sesalkan keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, terkait alat bantuan berupa Mobil mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dari BNPB Pusat, yang seharusnya diprioritaskan untuk Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini melalui Koordinator Protokol Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita menjelaskan. Jika pihaknya sudah menetapkan jadwal untuk melakukan swab tes kepada masyarakat Surabaya menggunakan Mobil PCR tersebut.

“Mobil PCR yang Pemkot minta tolong BNPB pusat itu, jadwalnya kan sudah di rencanakan di Asrama Haji, Gelora Pancasila dan Gelora Tambak Sari terus ada rencana juga di (RS) BDH dan warganya sudah dipersiapkan semua,” kata Fenny sapaan akrabnya, saat ditemui di Halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (29/5/2020).

Selain itu, kata Risma melalui Fenny menambahkan, telah ada titik-titik wilayah Surabaya yang akan dilakukan swab tes menggunakan mobil itu berdasarkan data nama dan tempat tinggal bergilir selama lima hari di beberapa tempat di Surabaya.

“Jadi untuk yang akan di periksa adalah pasien ODP, PDP dan yang akan swab ulang, titik-titik itu sudah ada dan kita siapkan kurang lebih untuk 5 hari kedepan berdasarkan nama dan alamat, karena kita melihat kapasitasnya 100-200 setiap titik itu,” tambahnya.

Akan tetapi, pihak Pemkot Surabaya mendapat kabar jika Mobil PCR tersebut sudah berada di Lamongan dan Tulungagung, dan seandainya Mobil PCR itu saat ini berada di Surabaya, maka akan dilakukan pengecekan swab tes kepada warga Kecamatan Tanah Kali, Kendiding, Surabaya.

“Hari ini harusnya di Kelurahan Kedinding jumlahnya kurang lebih 200 orang. Tiba-tiba Mobil dari BNPB ditarik ke Tulungagung sama Lamongan, akhirnya pasien yg sudah antre dipulangkan dulu,” imbuh Fenny.

Sebelumnya. 2 unit mobil PCR dari BNPB Pusat diserahterimakan kepada Gugus Kuratif Pemprov Jatim secara bertahap, di hari Rabu (27/5) dan Kamis (28/5) kemarin, dan hari ini mobil PCR tersebut melayani masyarakat Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tulungagung untuk melayani Swab Tes.

“Alhamdulilah kami kembali mendapat bantuan dari BNPB, berupa dua unit mobil mesin PCR. Bantuan ini penting, karena saat ini kebutuhan mesin PCR test untuk swab memang yang paling dibutuhkan karena validitasnya paling tinggi,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (29/5/2020). (wdy)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More