Home Peristiwa Pemkot Surabaya Tak Ijinkan Kapal Pesiar MV Columbus Sandar di Tanjung Perak

Pemkot Surabaya Tak Ijinkan Kapal Pesiar MV Columbus Sandar di Tanjung Perak

by admin
0 comment

SURABAYA – Pemkot Surabaya kembali tidak mengizinkan MV Columbus, kapal pesiar berbendera Bahama, yang rencananya sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (12/3). Sebelumnya Pemkot Surabaya telah menolak kapal Viking Sun merapat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Pelarangan sandar kapal yang membawa 1.020 turis mancanegara itu untuk menjaga warga Surabaya dari kemungkinan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Sebelumnya, saat berada di Pelabuhan Benoa, Bali, penumpang MV Columbus diperbolehkan turun.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya Ikhsan mengatakan, keputusan penolakan tersebut diambil setelah rapat koordinasi dengan berbagai pihak. Mulai syahbandar, KKP, Imigrasi, Bea Cukai, PT Pelindo, dan pihak lain. “Hasil rapat itu, Pemkot Surabaya menunda sementara kunjungan wisata penumpang maupun kru kapal pesiar di Surabaya,” katanya.

Menurut Ikhsan, dalam usaha melindungi warga Surabaya dari virus corona, untuk sementara waktu pemkot tidak dapat menerima kunjungan kapal pesiar dari luar negeri. Apalagi warga sudah resah dengan rencana kedatangan kapal pesiar di Tanjung Perak.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga akan mengirimkan surat penundaan kunjungan kapal pesiar itu kepada Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, CEO Regional Jawa Timur PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Ikhsan mengatakan, sebenarnya Wali Kota Risma sangat antusias dengan rencana kedatangan kapal pesiar ke Surabaya. Bahkan, biasanya, Risma memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan transportasi wisatawan saat keliling Kota Surabaya. “Tapi semua itu dibatalkan dulu karena khawatir dengan virus Covid-19,” pungkasnya.(estu)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More