Home Pendidikan Pasca Karantina, Sebagian Mahasiswa Unesa Jalani Kuliah Online

Pasca Karantina, Sebagian Mahasiswa Unesa Jalani Kuliah Online

by Amirudin
0 comment 21 views

SURABAYA –Meski mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tidak bisa kuliah secara tatap muka dengan dosen di Central China Normal university (CCNU) di Wuhan terkait virus Corona, lantaran para mahasiswa itu kembali ke tanah air, namun mereka bisa berkuliah secara online.

Ada sembilan mahasiswa Unesa yang kembali dari kota Wuhan, yang kini masih dikarantina di Pulau Natuna, Riau. Rencananya 14 Februari nanti, mereka kembali ke kampung halaman masing-masing bersama 239 WNI lainnya.

Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum mengatakan, para mahasiswa Unesa itu akan melanjutkan sisa masa perkuliahan melalui sistem daring pada 16 Februari mendatang. Ini sesuai kesepakatan direktur Pusat Bahasa Mandarin Unesa dengan CCNU di Wuhan.

Vinda menyebutkan, mahasiswa yang melakukan perkuliahan online adalah mahasiswa yang belum menyelesaikan masa studinya di CCNU. Sementara mereka yang sudah merampungkan perkuliahannya kembali belajar bersama mahasiswa lain di kampus Unesa.

“Sebenarnya perkuliahan daring dimulai 12 Februari. Tapi, karena masih di Natuna, kami meminta kelonggaran untuk ikut kuliah daring sepulang dari Natuna,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (11/2/2020).

Vinda menambahkan, mahasiswa yang belum merampungkan pendidikannya akan kembali ke Wuhan. Tapi menunggu kondisi normal dan keadaan mahasiswa sudah stabil.

Pihak Unesa  telah menyiapkan tim trauma healing dari fakultas psikologi. Tim itu yang memberikan konseling baik kepada mahasiswa maupun para orang tua mahasiswa. Sebab, berdasar komunikasi selama ini, ada orang tua yang sangat cemas dan khawatir.

Menurut Vinda, pihaknya juga akan mendatangi kediaman asal mahasiswa seperti Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jombang, dan Lamongan. Mereka akan dipantau sampai dinilai cukup.  Untuk mengantisipasi kekhawatiran mahasiswa lain atas kedatangan mahasiswa dari Wuhan, Unesa bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memberikan sosialisasi. ”Sosialisasi itu untuk menyampaikan  bahwa teman-teman mereka dari Wuhan dalam kondisi sehat, tidak terjangkit corona, aman, dan butuh dukungan dari mahasiswa lain,” pungkasnya.(estu)

Related Articles

Leave a Comment

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More