Home Peristiwa NU Surabaya Gelar “Bakti Subuh” Di Masjid Baiturrozaq Citraland

NU Surabaya Gelar “Bakti Subuh” Di Masjid Baiturrozaq Citraland

by Fatur Rohman
0 comment

Surabaya – Segenap pengurus Nahdlatul Ulama Kota Surabaya bersama Polrestabes Surabaya, menggelar “ Bakti Subuh” di Masjid Baiturrozaq Kawasan Citraland Surabaya (24/1/2020).

Kegiatan gerakan “Bakti Subuh” adalah perpaduan ibadah dan dilanjutkan gerakan sosial kemasyarakatan yang di tempatkan di masjid, khususnya masjid milik warga nahdliyin.

Seperti biasa, Gerakan “ Bakti Subuh” dimulai dengan shalat Subuh berjamaah, kuliah subuh tujuh menit yang diberikan oleh para Ulama NU Kota Surabaya, layanan kesehatan, senam kesehatan muslim dan membersihkan masjid.

Dengan kegiatan “Bakti Subuh” ini diharapkan menambah semangat shalat Subuh berjamaah yang dilaksanakan di masjid-masjid NU, selaras antara ibadah habluminallah dan kebaikan sesama umat (dengan menjalin silaturahmi).

KH Dr Achmad Muhibbin Zuhri Mag, Ketua NU Kota Surabaya menjelaskan gerakan “Bakti Subuh” ini bertujuan mendekatkan NU dengan umatnya sekaligus memelihara masjid. “Kegiatan gerakan Bakti Subuh di Masjid Baiturrozaq, Citraland sesuai gilirannya. Secara rutin kegiatan ini digelar tiap jum’at pagi (subuh), tujuannya ingin mendekatkan NU dengan umatnya serta turut serta merawat masjid ” kata KH Muhibbin.

Menurutnya, sudah saatnya NU turun untuk memelihara Masjid sebagai basis kultural warga nahdliyin. “Masjid-masjid yang tersebar sampai pelosok desa adalah basis kultural nahdliyin (NU). Tugas kita merawatnya, agar benar-benar bermanfaat  khususnya, bagi umat Islam, harapannya lebih nyaman dalam menjalankan ibadah di masjid” katanya.

Selain, kegiatan shalat dan kultum, juga ada pemberian materi kesehatan yang diberikan tim medis. Juga dilakukan senam stroke, konsultasi kesehatan, pemeriksaan darah, kencing manis dan asam urat. Kegiatan ini diharapkan mampu memujudkan ukhuwah Islamiyah dan tetap menjunjung solidaritas bangsa dalam keberagaman budaya. (fatur)

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More