Home Khasanah Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil, Bukan Dzikir Biasa

Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil, Bukan Dzikir Biasa

by Fatur Rohman
0 comment

 

Hasbunallah wa ni’mal wakil adalah sebuah dzikir pendek, namun di dalam dzikir ini terdapat kandungan makna yang luar biasa. Romantika kehidupan manusia, acapkali merasakan suka dan juga duka yang silih berganti. Hal ini sudah di jelaskan di al-Quran bahwasanya manusia itu akan diuji dengan rasa gelisah.

Bagi orang-orang yang beriman akan tetap mempercayai jikalau Allah SWT akan selalu bersama mereka sehingga rasa kegalauan dan kegelisahan dapat diatasi. Kepasrahan mereka dalam menerima takdir dari Allah Swt, membuat jiwa mereka lebih sabar dan juga tentram saat menghadapi cobaan hidup yang begitu keras.

Sedangkan bacaan dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil merupakan dzikir pilihan yang bisa diamalkan oleh seluruh umat Muslim. Hati yang dekat dengan Tuhannya, mempunyai rasa yang begitu peka kepada keadaan sekitarnya. Bahkan bisa terhindar dari setiap kejahatan yang mungkin saja bisa dilakukan oleh orang lain terhadap dirinya. Allah Ta’ala telah menceritakan tentang Rasulullah beserta sahabatnya dalam firman-Nya:

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab“. (Ali Imron: 173)

Selain itu sahabat Rasulullah SAW, Ibnu ‘Abbas r.a berkata bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakil” merupakan perkataan Nabi  Ibrahim ‘alaihis salaam pada saat beliau akan dilempar ke api.

Dan juga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kalimat tersebut dalam hadist yang berbunyi,

“Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (HR. Bukhari no. 4563)

Di dalam sejarah telah dikatakan bahwa dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil merupakan salah satu bacaan dzikir yang diamalkan oleh para nabi dan juga orang-orang saleh. Baik disaat mereka menghadapi cobaan yang besar ataupun juga fitnah yang sangat berat sekalipun.

Kekuatannya dzikir ini melebihi kekuatan apa pun yang ada di dunia ini, dan juga dapat menegaskan semangat ketahui dan pada diri setiap orang yang mengamalkannya secara konsisten. Yaitu bahwa hanya terhadap Allah sajalah tempat untuk kita berserah diri, dan juga pengakuan bahwasanya semua makhluk ciptaan Allah adalah lemah atau juga tidak abadi.

Bacaan dzikir diatas merupakan untaian ayat Al-Quran yang mempunyai makna yang terkandung di dalamnya. Dengan mempelajari makna yang terkandung, maka kita menjadi tahu arti, makna, hikmah, serta keutamaan dan kelebihannya yang dimana bisa sebagai sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah dan juga meminta perlindungan kepada-Nya.

Berikut ini merupakan beberapa kedahsyatan dan keutamaan untuk kita jika dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil ini menjadi salah satu amalan rutin kita setiap harinya. Diantaranya yaitu :

Sebuah bentuk ketakwaan pada Allah SWT

Dengan membaca dzikir tersebut bisa menjadikan hal itu salah satu bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Bentuk dan rasa tawakal kita kepada Allah yaitu dengan bentuk kita sepenuhnya mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan dzikir ini, kita menyerahkan setiap jiwa dan raga kita kepada Allah, baik itu menyerahkan segala urusan dan masalah kita kepada Allah Ta’ala karena Allah merupakan sebaik-baiknya wakil. Jadi kita harus bisa tawakal dan ikhlas menyerahkan setiap urusan yang telah kita usahakan kepada Allah Swt.

Bentuk rasa syukur dan sabar dalam menjalani kehidupan

Disaat kita dihimpit berbagai masalah kehidupan dunia yang sangat menyesakkan, diliputi duka dan derita, juga masalah yang berkecamuk,di dalam hidup. Maka kita hendaknya berdzikir dengan hasbunallah wa ni’mal wakil.

Selain itu juga dzikir ini adalah wujud ketergantungan kita sebagai manusia kepada Allah Swt, bentuk permohonan tolong secara langsung kita kepada Allah, dan juga bentuk tawakal kita yang mengembalikan setiap urusan dunia dan akhirat kepada-Nya.

Makna secara tersirat terhadap ke-esaan Allah

Makna yang terkandung di lafadz hasbunallah wa ni’mal wakil sebenarnya secara implisit atau tersirat membenarkan tentang ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat, Tuhan yang layak kita untuk bersera diri dari segala urusan, meminta setiap pertolongan, serta memohon setiap perlindungan.

Kita haram hukumnya jika menyerahkan setiap masalah, meminta pertolongan dan juga memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Allah merupakan sebaik-baiknya dzat yang layak kita sembah dan minta pertolongan.

Ada beberapa cara untuk mengamalkan amalan hasbunallah wa ni’mal wakil. Selain disesuaikan pengamalannya dengan ijazah yang diterima dari guru atau ulama, juga bisa disesuaikan dengan petunjuk dari para imam besar yang telah menjabarkannya dalam kitab karya mereka.

Dalam kitab Abwabul Faraj karya Sayyidi Asy-Syaikh Al-Imam Al-Muhadits Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Maliki, dijelaskan bahwasanya para ulama telah memberikan petunjuk mengenai jumlah pengamalan hasbunallah wa ni’mal wakil. Sebagian ulama berpendapat bahwa jumlah pengamalannya adalah 450 kali setiap hari. Sebagian mengatakan 950 kali, 19000 kali, 4000 kali, dan 7000 kali. Dari sekian banyak pendapat ini yang paling masyhur adalah 450 kali.

Ijazah
Saya mendapatkan amalan hasbunallah wa ni’mal wakil ini dari KH Masykur Hasyim (kakak ipar gubernur Jatim, Kofifah Indar Parawansa). Bagi para pembaca yang hendak mengamalkan dan ingin bertabarukkan dengan mengambil ijazah dari beliau, maka saya persilahkan untuk melanjutkan rangkaian sanad amalan ini kepada anda yang membutuhkan. Adapun cara pengamalannya yaitu dengan membacanya setiap ba’da shalat subuh sebanyak 450 kali. Lakukan dengan istiqamah. Semoga bermanfaat. (fatur/bbs) .

 

Related Articles

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More