Home Ekbis Fesyar Surabaya 2019 Catat Nilai Kesepakatan Rp.18,98 Triliun

Fesyar Surabaya 2019 Catat Nilai Kesepakatan Rp.18,98 Triliun

by admin
0 comment 4 views
fesyar surabaya

SURABAYA – Sejak dibuka, Rabu (6/11/2019), ajang ‘Festival Ekonomi Syariah’ (Fesyar) 2019 di Surabaya telah mencatatkan nilai kesepakatan dagang hasil business matching hingga Rp. 18,98 triliun. Serta nilai transaksi belanja Rp 50,43 miliar dengan jumlah pengunjung mencapai 15 ribu orang.

Kepala Perwakilan BI Jatim, Difi Ahmad Djohansyah mengatakan, kegiatan Fesyar merupakan dukungan bank sentral terhadap upaya pengembangan ekonomi syariah.

Fesyar Indonesia merupakan bagian dari kegiatan Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 yang akan dilaksanakan di Jakarta 12-16 November 2019 mendatang.

Fesyar Indonesia, lanjutnya, merupakan wajah baru dari pelaksanaan ISEF di daerah. Pelaksanaan Fesyar yang telah berlangsung dalam 5 tahun terakhir di Surabaya dinilai sukses dan didorong untuk menjadi event internasional dengan melibatkan investor dan pelaku ekonomi keuangan syariah global.

“Di Surabaya ini sampai Jumat, trade deal di booth sudah Rp. 50,43 miliar, kalau kontrak dagangnya atau business matchingnya Rp.18.98 triliun, mayoritas berupa pembiayaan senilai Rp. 12,6 triliun, penggalangan dana Rp. 4,4 triliun dan Pembelian Sukuk Rp. 2 triliun.” katanya kepada pers, Jumat (8/11/2019).

Fesyar tahun ini memang lebih banyak mengandalkan business matching dan business coaching bagi para pelaku usaha. Di samping itu, dilakukan kurasi dengan para kurator berpengalaman dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Memang tema sekarang business matching, persiapan kita lebih matang karena persiapannya sudah sejak tiga bulan sebelumnya. Sehingga lebih intens dengan para pelaku usahanya. Kami juga apresiasi dari kerja sama dengan Asbisindo,” jelasnya.

Fesyar merupakan perhelatan tahunan yang berlangsung sejak 2017 di berbagai wilayah di Indonesia, dengan mencakup 2 kegiatan utama yang terdiri dari Sharia Economic Forum dan Sharia Fair.

“Adapun, pada 2019 ini kita telah melaksanakan kegiatan Fesyar di 2 titik strategis, yakni Palembang yang mewakili pelaksanaan di regional Sumatra dan Banjarmasin yang mewakili pelaksanaan di regional Kawasan Timur Indonesia,” ungkapnya.

Dari sisi pelaksanaan fair, Fesyar Sumatra mencatat kunjungan hingga 11.000 orang serta pencatatan transaksi business atching yang mencapai Rp 2,11 triliun. Adapun di Banjarmasin mencetak nilai Rp 2,6 triliun.

Adapun Fesyar yang akan dilaksanakan dalam 4 hari ke depan di Surabaya akan mewakili pelaksanaan di regional Jawa serta merupakan akhir dan puncak dari gelaran Fesyar Indonesia di 2019. (opie)

Related Articles

Leave a Comment

Dari Santri Untuk Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More